AYO ...... Ke Toraja Utara Saksikan dan Meriahkan FESTIVAL PADUAN SUARA, Tanggal 13 -17 Desember 2022

 

Penyelesaian Panggung Festival Paduan Suara, di Lapangan Bakti Rantepao, dok.foto Toraja Times.com

TORAJA TIMES.COM, Toraja Utara | Usai Dinas Pariwisata Toraja Utara Menggelar Festival Budaya Toraja pada bulan Nopember 2022  lalu di Lapangan Bakti Rantepao. Kini Pemerintah Kabupaten Toraja Utara kembali menggelar Festival Lomba Paduan Suara yang rencananya akan di mulai pada hari Selasa - Sabtu, tanggal 13 - 17 Desember 2022.


Pembukaan Festival Lomba Paduan Suara di gelar pada hari Selasa, (13/12/2022) di Lapangan Bakti Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.


Foto Ketua Panitia Yermia Marewa (Kanan) dan Sekretaris Panitia Stevy (Kiri), Dok.Foto. Toraja Times.com

Yermia Marewa saat di temui Toraja Times.com saat meninjau pekerjaan panggung di Lapangan Bakti, Kamis (8/12/2022) mengatakan bahwa Pembukaan Festival Paduan Suara di mulai hari Selasa sampai Sabtu, (13 - 17/12/2022). Pekerjaan Panggung di upayakan sudah harus rampung pada hari sabtu (10/12/2022).


Dijelaskan pula bahwa Festival Paduan suara di gelar dalam rangka menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru dimana pada tahun 2021 lalu juga di laksanakan Festival Paduan Suara pada bulan yang sama,"jelasnya.


Disampaikan pula bahwa peserta paduan suara yang sudah mendaftar di Panitia sebayak 47 peserta yang terdiri 3 kategori, untuk kategori C ada  21 peserta, Kategori B ada 20 peserta dan kategori A yang dari luar Kabupaten ada 8 peserta.

Ditambahkan Yermia bahwa dengan di gelarnya Festival Lomba Paduan Suara bagaimana menggerakkan potensi masyarakat yang ada, misalnya bagaimana mereka di ajak berorganisasi melalui paduan suara sehingga mereka bisa tampil dimana setiap ada even-even paduan suara, baik even lokal maupun even nasional,"ujar Yermia.


Dengan adanya Festival Lomba Paduan Suara tujuan utamanya bagaimana menggerakan roda ekonomi dan mengangkat ekonomi UMKM yang ada di Toraja Utara. Tentunya peserta membutuhkan kain-kain tenunan adat dan itu menggerakkan para pengrajin-pengrajin kita di toraja utara sehingga perekonomian masyarakat meningkat, tuturnya.


Selain itu juga meningkatkan pendapatan masyarakat dengan adanya kuliner-kuliner makanan di lapangan bakti, para pengusaha Salon, pengusaha Hotel dan banyak lagi yang bisa di dapatkan oleh masyarakat dengan adanya Festival Paduan Suara ini,"pungkas Yermia Marewa yang pernah menjabat sebagai Kepala Inspektorat Toraja Utara dan Plt.Kepala Dinas Pendidikan.


"Saya berharap selaku ketua panitia pelaksana dengan digelarnya Festival Lomba Paduan Suara yang sudah dua kali di gelar mulai tahun 2021 dan Tahun 2022 dan kedepan terus di lanjutkan, dan kalau perlu dibuat secara nasional di Kabupaten Toraja Utara. Kita tau bahwa Kabupaten Toraja Utara adalah Daerah Pariwisata dimana tempat-tempat wisata menjadi ikon bagi Toraja Utara," jelas Yermia.


Toraja Times.com mencoba menemui Kepala Dinas PUTR, Paulus Tandung yang dipercayakan oleh Bupati Toraja Utara untuk membuat panggung Festival Paduan Suara mengatakan bahwa dalam 2 hari kedepan, panggung dipastikan sudah tuntas 100 %. Karna hari ini penyelesaian panggungnya dan besok sudah tinggal dekorasi panggung,"pungkasnya.


"Saya juga berharap dengan di gerlarnya Festival Lomba Paduan Suara di Rantepao Toraja Utara dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sehingga para pengusaha dan pedagang kecil dapat merasakan peningkatan pendapatan. Ini juga salah satu bentuk kerja Pemerintah untuk menekan inflasi dan resesi kedepan,"tutup Paulus Tandung. Eno

Postingan populer dari blog ini

KPU Toraja Utara Buka Penerimaan Calon Anggota PPS Pada Tanggal 18-27 Desember 2022, Kunjungi link siakba.kpu.go.id

Mau Tau ....!! Berapa Besar APBD Tahun 2023 Kabupaten Toraja Utara yang di Tetapkan DPRD Toraja Utara.

Festival Lomba Paduan Suara, Mulai Gelar Gladi Panggung di Lapangan Bakti Rantepao, Kabupaten Toraja Utara